Ø Menyelesaikan masalah
yang muncul di matematika dan di konteks yang lain
Orang yang melihat dunia secara matematika dikatakan
telah mempunyai pembagian matematika. Pemecah masalah yang baik secara alami
menganalisis tindakan dengan hati-hati di matematika dan menyikapi masalah
berdasarkan situasi yang dilihiat. Pertama mereka mempertimangkan kasus
sederhana sebelum mencoba sesuatu yang
lebih rumit, mereka belum siap menanggapi sesuatu yang lebih rumit analisisnya.
Untuk contoh, suatu masalah untuk siswa menengah tentang data dua perusahaan
ambulans dan pertanyaan perusahaan mana yang dapat dipercaya (Penilaian
seimbang untuk kurikulum matematika). Jawaban cepat yang ditemukan dengan
melihat rata-rata waktu pelanggan menunggu untuk tiap-tiap perusahaan dapat
menyesatkan. Analisis matematika yang lebih berhati-hati meliputi respon waktu
vs … waktu memberikan suatu jawaban yang berbeda. Dalam masalah ini, diperlukan suatu bagian untuk
menganalisis secara dalam untuk
melengkai pemahamannya dalam situasi ini, itu merupakan jawaban yang benar.
Meskipun dalam jenjang tersebut, guru dapat membantu membangun karakter dengan
menanyakan suatu pertanyaan yang membantu siswa unuk menemukan matematika dalam
dunia mereka dan pengalaman dan menganjurkan siswa untuk tidak hanya tertarik
tetapi bersaha untuk menantang masalah tersebut.
Penggunaan masalah yang datang secara alami bagi
anak muda: Saya bayangkan berapa lama untuk dapat menghitung hingga jutaan?
Berapa banyak kaleng soda yang dapat diambil dari suatu sekolah? Guru dan
orangtua dapat membantu perkembangan kehendak ini dengan membantu siswa untu
membuat masalah matematika yang ada di dunia kita. Guru mepunyai peran penting
dalam mengembangkan pemecahan masalah siswa dengan menciptakan dan memelihara
lingkungan kelas,yang mana siswa dianjurkan untuk mengeksplorasi, berbagi
kegagalan dan kesuksesan, dan bertanya satu sam alain. Dalam lingkugan yang
seperti itu, siswa dapat mengembankan kepercayaan diri dalam kemampuan mereka untuk bersedia mengunakan dan
mengeksplorasi masalah, dan mereka akan mungkin menyikapi masalah dan melakukan dengan
tekun dengan menantang masalah tersebut.
Ø Memakai dan
mengadaptasi berbagai strategi yang cocok untuk menyelesaikan masalah
..... banyak deskripsi strategi pemecahan masalah,
beberapa yang diketahui dapat ditemukan
di pekerjaan Polya (1957). Seringkali
penggunaan strategi termasuk menggunakan diagram, mencari pola, mencatat semua
kemungkinan, mencoba nilai khusus atau kasus, oret-oretan, menebak dan
mengecek, membuat masalah yang sama,dan membuat masalah yang sederhana.
Pertanyaannya adalah, bagaimana seharusnya strategi-strategi tersebut
diajarkan? Haruskah mereka menerima pengajaran secara gamblang, dan bagaimana
seharusnya mereka dapat dibaurkan dengan kurikulum matematika? Dengan komponen
yang lain dari alat peraga matematika, strategi harus petunjuk pengajaran jika
siswa diharapkan untuk mempelajarinya. Pada tingkat rendah, guru-guru dapat
membantu anak-anak mengungkapkan, mengelompokkan, dan membandingkan strategi
mereka. kesempatan untuk menggunakan strategi harus ditanamkan secara alami
pada kurikulum melintasi isi materi. Dari waktu ke waktu siswa akan mencapai
tingkat menengah, mereka harus mahir dalam mengenali ketika bermacam-macam
strategi yang cocok untuk digunakan dan harus mampu memutuskan kapan dan
bagaimana untuk menggunakannya. Pada kelas atas, siswa harus dapat memasuki
strategi yang luas, dapat memutuskan yang mana yang digunakan, dan dapat
mengadaptasi dan menciptakan strategi-strategi.
Pengalaman awal anak kecil dengan matematika datang dari
pemecahan masalah. Strategi yang berbeda dibutuhkan untuk memperluas variasi
masalah. Siswa harus menyadari strategi strategi itu dibutuhkan ketika mereka
tumbuh., dan dimodelkan ketika kelas berlangsung, guru seharusnya menanjurkan
siswanya untuk mencatatnya. Sebagai contoh, setelah siswa membagi solusi dan
bagaimana diperoleh, guru dapat mengidentifikasi strategi dengan mengucapkan,
“Ini terdengar seperti kamu membuat sebuah catatan pengaturan untuk menemukan
solusi. Apakah ada yang lain yang menyelesaikan masalah dengan cara lain?”
verbal ini membantu mengembangkan bahsa
umum dan representasi dan membantu siswa yang lain memahami apa yang
murid pertama lakukan. Seperti diskusi dan anjuran tidak ada strategi satu kali
dan untuk semuanya; strategi dipelajari sepanjang waktu, diaplikasikan pada
konteks tertentu, dan menjadi dimurnikan, rumit, dan fleksible yang digunakan
mereka di peningkatan situasi masalah yang kompleks.
0 komentar: